Nata Praja Kusumaning Bangsa

"Hai orang-orang yang beriman, Bertaqwalah kalian kepada Allah dengan (wasilah) mengatakan perkataan yang meneguhkan (hati). (Dan jika kalian telah memenuhi hal tersebut) maka niscaya Allah akan memperbaiki bagi kalian amal perbuatan kalian dan akan mengampuni bagi kalian dosa kesalahan kalian. Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya maka dia akan mendapat kemenangan yang agung" (QS. Al Ahzab 70-71)

padepokan kumis kucing

History of Pancamukti Part.2”


Padepokan Kumis Kucing, sepuh dari Blimbing


Berdirinya Padepokan Blimbing tidak dapat dipisahkan dengan adanya Padepokan Kumis Kucing di Lembah Tembalangn, Malang. Karena sebelum Padepokan Blimbing berdiri, ternyata padepokan Kumis kucing telah berdiri. Di dalam susunan keturunan Blimbing terdapat 5 (lima) pendekar, namun dalam susunan Leluhur Kumis Kucing terdapat 4 (empat) pendekar lebih terdahulu dari pada kumis kucing. Hal inilah yang mendasi dasar bahwa Blimbing masih satu keturunan dengan Kumis Kucing. Namun, semua ini tidak berpengaruh pada kekuatan dan kadigdayaan yang dimiliki. Karena setiap padepokan mempunyai karakteristik berbeda.

Kumis Kucing, adalah padepokan yang lebih tua dari pada Blimbing. Pd bulan Agustus 2009 ini Padepokan Kumis Kucing mendapat tanah Perdikan baru, dengan kapasitas 6 orang. Yang menjadi pertanyaan misteri adalah siapakah 2 orang yang akan bergabung dengan padepokan ini?? Menurut penerawangan dari Ki Markenyong (sesepuh Padepokan Blimbing), akan datang 2 orang pendekar muda dari Kadipaten Ngrowo, Tulungagung. Untuk menimba ilmu di pegunungan Malang. Menurut Ki Markenyong, 2 orang tersebut masih memiliki ikatan bathin dengan Kumis kucing ataupun Blimbing.hal ini belum diketahui siapa namanya namun yang telah dilihat adalah dia laki-laki.

Kembali ke cerita Pendekar kumis kucing…

Di kumis Kucing ada 4 Pendekar, diantaranya Kumis Andik, Kumis Fahmi, Kumis Tata, dan Kumis Sase’. Kenapa di Padepokan ini hanya 4 pendekar?? Sesuai dengan filosofi Pewayangan Jawa yaitu Punakawan, Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Sumber kekuatannya bukan pada Kehebatan berperang namun lebih dari itu yaitu kekuatan untuk saling menasihati dan guyub rukun. Karena itulah filosofi Punakawan dipakai oleh Keluarga Padepokan Kumis Kucing.

Kumis Andik, Bagaikan Semar yang suka menasehati dengan penuh kehati-hatian. Dia keturunan asli dari tanah Kalidawir. Kekuatan sumber utamanya berasal dari sikap melankolisnya, mengakibatkan dia terlihat letoy. Namun demikian, dengan kekuatan letoynya itulah dia bisa menaklukkan kerajaan Unair.

Kumis Fahmi, Bagaikan Petruk yang sedikit lebih wibawa dari pada yang lain. Walau tubuhnya tidak sama dengan lakon Petruk, tapi dia mempunyai karakter seperti Petruk, persis dalam lakon Petruk dadi Ratu. Dia adalah bangsawan asli keturunan Jeli. Saudagar kaya yang memiliki pulsa berkelimpahan, dan membiarkan para punggawa maupun negeri sahabat untuk ngutang pulsa.

Kumis Tata, Bagaikan Bagong yang sesuai dengan karakter tubuhnya. Seperti halnya bgong, dia seakan mondar-mandir dan ling-lung. Namun dengan begitulah dia mencari jati-dirinya. Seakan menunjukkan pada dunia bahwa dia Jomblo.

Kumis Sase’, Bagaikan Gareng yang mempunyai tubuh paling kecil disbanding dengan lainnya. Kumis Sase’ juga berasal dari tanah Kalidawir. Justru Sase’ lah yang mempunyai darah kebangsawanan. Karna bapaknya akan mencalonkan jadi carik Kalidawir. Namun demikian, Dia mempunyai kekuatan yang luar biasa. Kekuatan berfikirnya sangat bagus sehingga dulu waktu Mencari ilmu di tingkat dasar di slalu rangking satu.

Dari kesemua itu jika kekuatan mereka digabung akan menjadi Punakawan dari Lembah Tembalangan.

Kumis Kucing, mempunyai guru yang sama dengan blimbing. Sudah diceritakan di History of Pancamukti dalam Serat Umar Kenyong. Yaitu Budhi Cinta. Namun yang lebih berbeda dengan yang lain di Padepokan Kumis Kucing adalah mereka mengangkat adhek guru Budhi Cinta sebagai kepala Suku Kumis Kucing. Adhek kandung dari gurunya mempunyai kekuatan sakti mandraguna, kesaktiannya melebihi batas akal manusia. Contoh dia pernah menyelamatkan salah satu anggotanya, ketika Kumis Tata diburu anjing dan digigit ternyata dia ganti memburu dan menggigit anjing tersebut. Siapakah dia?? Begitu saktinya hingga anjing pun takut?? Dia adalah Ki Gedhe Bokonge. Ya… dia adalah Ki Gedhe Bokonge. Karena atas sikap kesederhanaannya dalam hidup, Orang-orang juga biasa menyebut dirinya oM Kik.

Ki Gedhe Bokonge itu mempunyai juga daya magis yang luar biasa. Dia bisa memainkan bola hanya dengan tangan sekalian memasukkan pada lobang bola (basket). Siapapun anda yang bertemu dengan Ki Gedhe Bokonge (oM Kik) ini maka perlu ada kewaspadaan. Karna sikapnya yang ingin mengCopy Pastekan kekuatan geDhenya pada semua orang.

Perlu diingat bahwa kekuatan utama dari Ki Gedhe Bokonge ini adalah terletak pada Sumolehe Big Pantatnya…

Ditulis dengan Kesaksian Ki Enthung dan analisa Ki Markenyong.

0 komentar:

Posting Komentar