Nata Praja Kusumaning Bangsa

"Hai orang-orang yang beriman, Bertaqwalah kalian kepada Allah dengan (wasilah) mengatakan perkataan yang meneguhkan (hati). (Dan jika kalian telah memenuhi hal tersebut) maka niscaya Allah akan memperbaiki bagi kalian amal perbuatan kalian dan akan mengampuni bagi kalian dosa kesalahan kalian. Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya maka dia akan mendapat kemenangan yang agung" (QS. Al Ahzab 70-71)

apa Pancamukti itu?

History of Pancamukti Part.1”

Apa PancaMukti itu?


PANCAMUKTI

Putra Keblat Ambuka jagat



Pancamukti adalah nama perhimpunan kekuatan fisik dan metafisika arek tulungagung. Dia hijrah ke pegunungan Malang guna mendapatkan kekuatan yang lebih tinggi, yaitu kekuatan sarjana. Namun kekuatan sarjana hanya sebatas kekuatan fisika, dan kekuatan sesungguhnya metafisika masih dalam proses berjalannya hidup sampe akhir hayat. Kelima orang tersebut menetap pada satu daerah babadan yang disebut Padepokan Blimbing. Daerah tersebut hasil dari Babad Perdikan Tanah Pangeran Asminardi.

Secara Etimologi Panca artinya Lima, dan Mukti Artinya Mulia/Luhur (sumber: Kamus Sansekerta-Indonesia). Namun pada perdaban Jawa, Mukti bisa disebut juga Sakti/Mumpuni. Dan secara Terminologinya adalah Lima manusia yang mempunyai kesaktian untuk mencapai cita-cita Luhur. Dari sini kita bisa melihat bahwa Pancamukti tidak saling idividu dalam menerapakan visi kedepan namun saling Interdenpenden. Selain itu, Pancamukti mempunyai tujuan utama yang lain dan sesuai dengan COMET.Com (Cosmic ‘n Quantum Physic Community) yaitu menyebarkan virus Ikhlas pada umat manusia.

Selanjutnya, Candra Sengkala / Simbol dari Pancamukti adalah “Putra Keblat Ambuka Jagat”. Dalam artian jawa Putra Keblat Ambuka Jagat = 1941 Taun Jawa.

Makna dari candra sengkala tersebut adalah “Putra yang meminta bantuan Tuhan untuk membuka Dunia”. Maksudnya disini adalah Putra atau manusia muda yang slalu memohon pada Tuhan (ke arah kiblat) untuk membuka cakrawala dunia yang lebih baik. Selain itu, keblat juga berarti empat (orang). Dari sini kita dapat melihat bahwa fungsi dari pada Pancamukti sangat beragam. Yang intinya dalam melaksanakan tugasnya sebagai manusia di muka bumi ini slalu tak lupa memohon pan Yang Maha Kuasa.

Seperti halnya Power Ranger yang berjumlah lima, Pandawa Yang berjumlah lima, Pancasila yang berjumlah lima, dan Sedulur papat Kalimo Pancer juga berjumlah lima, kesemua itu tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan Pancamukti. Dalam hidupnya di Padepokan Blimbing, Pancamukti juga berjumlah lima. Namanya bukan Puntadewa, arjuna, werkudara, atapun pandawa yang lain. Bukan Juga Ranger biru, Ranger merah, ataupun Ranger yang lain. Tapi.. dari sini kita melihat namanya adalah Yanuar Mukti, Huda Mukti, Ifan Mukti, Addin Mukti, dan Dendy Mukti. Bisa kita bayangkan seandainya mereka berkumpul dan menghimpun kekuatan…

Yanuar Mukti, disebut juga Ki markenyong. keturunan Asli dari Pangeran Asminardi (Babad Tanah Blimbing). Dia mengendalikan tanah (Capicorn). Dia juga yang membawahi pasukan Blimbing. Kekuatan yang menonjol dari Yanuar Mukti adalah Analisa, dan diam-diam menghanyutkan. Artinya adalah apa yang ia pikirkan attrack nya terlalu cepat. Kul di Fak.Ekonomi Jurusan Akuntansi UB.

Huda Mukti, juga mengendalikan tanah (Taurus). Dia titisan dari Bhatara Bendo, kyai asli padepokan bendo, Gondang. Mempunyai Sumber kekuatan yang dahsyat yaitu kekebalan tubuh (fisika) yang sangat kuat. Dan mampu mengadakan perjalanan sendiri dari Tulungagung-Malang walau dalam keadaan hujan. Kul di Fak.Ekonomi Jurusan Management UB.

Ifan Mukti, manusia Asli keturunan Lembah Plosokandang. Dia dapat mengendalikan kekuatan udara (Libra). Dan kekuatan yang dia dapatkan adalah kekuatan komunikasi untuk persuasive (kadang manipulasi.. hehe). Dan selain itu, kecerdasan yang Nampak dari dia adalah kecerdasan Linguistic-Verbal. Jadi sangat suka bermain Linguistic Deception Art. Fakultas Ilmu Administrasi Publik UB.

Addin Mukti, Adalah Asli dari keturunan tanah Kadiri. Dia mempunyai kekuatan untuk mengendalikan udara (Aquarius). Dia mempunyai sumber kekuatan utamanya adalah Cliervoiyen yaitu penglihatan mata ketiganya. Kadang pernah Astral juga. Teknik Pengairan UB.

Dendy Mukti, mempunyai kekuatan mengendalikan tanah (virgo). Dalam hidupnya slalu diberi kelebihan nauangan cinta, makanya banyak cewk yang seneng deket ama dia… hehehe. Sebenarnya dia mempuna potensi kekuatan yang luar biasa namun tidak dinampakkan, karena seperti karakter virgo (perawan yang Pemalu). Jurusan Agribisnis UB.

Dan yang paling penting dari kesemua itu adalah kita semua diasuh oleh guru yang senantiasa memberi kita hikmah, pelajaran hidup, anugrah ilmu, serta semua ilmu yang bermanfaat bagi kita. Guru kita ini tergolong muda namun berbakat. Dia Asli keturunan Jawa. Dia kenal dengan keturunan asli Sunan Kalijogo dan Keturunan Asli Sunan Gunungjati. Dan yang terpenting dari sumber kekuatan guru kita ii adalah dia orang yang biasa. Yang dia ajarkan adalah bukan ilmu Nampak mata atawpun Nampak telinga. Justru ajarannya Nampak dengan ketiadaan. Karena sesuai dengan QS.Al Baqoroh ayat 2-3 adalah tergolong orang bertakwa adalah percaya pada yang ghaib. Intinya, pelajaran terpenting dari manusia adalah yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata namun bisa sadar dari hati….

Ini dia, namanya adalah Bhatara Tresno (karena dia mampu mengajarkan cinta pada semua orang), ada yang menyebutnya Budhi, Budhi Cinta, ada pula yang menyebutnya Suhu. Namun dari kesemua itu adalah dia dilahirkan dengan Candra Sengkala “Samya Sirna Kusumaning Harja”.

Itulah sejarah Pancamukti, yang sampe sekarang masih melekat pada jiwa kami…

Ditulis dengan kesaksian Ki Enthung (Lembah Plosokandang).

0 komentar:

Posting Komentar